Senin, 07 Oktober 2013

MENENGOK INTERIOR HONDA MOBILIO DARI DEKAT

Posted by Hendra Jayalif On 04.47



Kendaraan konsep LMPV dari Honda, Honda Mobilio, merupakan salah satu bintang utama di paviliun Honda selama penyelenggaraan IIMS 2013. Kendaraan ini merupakan jawaban Honda untuk meraih pasar LMPV di Indonesia yang memiliki pasar yang besar.
Diluncurkan pada saat pembukaan IIMS 2013, Honda Mobilio telah menarik minat masyarkat serta rekan media di Indonesia maupun luar negri. Honda Mobilio telah melalui proses pengembangan yang detail demi mendapatkan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Honda Mobilio mengambil desain dasar kendaraan Progresive Private Jetliner. Desain eksterior juga mengambil tema ini dengan mengadopsi garis-garis tegas serta desain tajam di bagian depan hingga ke belakang kendaraan ini. Namun bagaimana dengan bagian interior?

Autocar mendapat kesempatan besar untuk dapat melihat kendaraan konsep yang sudah siap produksi 90% ini. Meski tidak boleh memasuki ke dalam Honda Mobilio, Autocar dapat melaporkan beberapa detail yang menjadi perhatian Autocar.

Kesan pertama saat melihat interior Mobilio adalah Honda memang memikirkan rasa luas saat pengendara memasuki kabin Mobilio. Ini mungkin juga pengaruh dari desain jendela di kendaraan ini yang berukuran besar. Termasuk penggunaan warna coklat beige  pada bahan fabric di jok yang menambah kesan nyaman di dalam Mobilio.

Pada desain dashboard, Honda telah menggabungkan konsep sporty dan dashboard untuk membantu pandangan yang luas bagi pengendara. Desain ini mengingatkan Autocar dengan desain Honda Jazz dan Honda Brio. Panel instrument, walau tidak dinyalakan, sepertinya mengadopsi desain 3D layer seperti produk Honda yang lainnya.

Pada sistem hiburan, Honda telah menempatkan audio sistem dengan layar sentuh, yang mungkin dipersiapkan untuk kelengkapan varian tertinggi. Sistem ini juga mengingatkan Autocar kepada sistem audio dari Honda Freed.

Lanjut ke baris kedua, fitur pertama yang Autocar lihat adalah adanya double blower pada atap kendaraan. Keberadaan fitur ini memang krusial terutama pada desain kendaraan keluarga yang menginginkan kenyamanan hingga baris ketiga. Ruang kaki baris kedua pun dirasa cukup lebar hingga membuat penumpang nyaman.
Desain bagasi Honda Mobilio ini pun cukup lapang bahkan dengan kursi baris ketiga penumpang ditegakkan. Namun untuk ruang kaki di kursi baris ketiga ini rasanya cukup sempit bagi penumpang dewasa.
Honda Mobilio rencananya akan menggunakan mesin 1.5 L i-VTEC yang diperbarui dengan teknologi EarthDream. Mesin ini akan dipasangkan dengan transmisi otomatis CVT dan manual 5 percepatan. 

Kendaraan ini akan dibawa kembali ke Jepang untuk proses penyempurnaan sebelum diluncurkan di Indonesia pada tahun 2014. Honda Indonesia menargetkan 80.000 unit Mobilio terjual pertahunnya dan pada IIMS 2013 menargetkan 2500 pemesanan. Penggunaan komponen lokal pada kendaraan ini pun sudah mencapai 83% yang membantu biaya produksi kendaraan ini nantinya. 
"SEGERA INDENT " 0813 - 80699 - 169"