Rabu, 04 Februari 2015

TEKHNIK MEMARKIR PARALEL MOBIL HONDA AUTOMATIC

Posted by Hendra Jayalif On 09.47



Parkir paralel mobil pada kendaraan tranmisi matic 

Memarkir Paralel Mobil Bertransmisi Matik


Ada kejadian menarik yang dapat kita jadikan pelajaran berharga. Seorang pengemudi tak bisa mengeluarkan mobil yang tengah ia parkir di sebuah pusat perbelanjaan. Pasalnya, mobilnya "terhimpit" di antara mobil yang sama-sama sedang parkir paralel. Mobil yang menghimpit sama sekali tidak bisa digeser karena pemiliknya mengaktifkan handbrake. Terpaksa harus menunggu sampai pemiliknya datang.

Di setiap lahan parkir yang sempit, pola parkir yang diterapkan biasanya memang parkir paralel. Dengan pola ini, bagian depan mobil bertemu bagian belakang. Untuk memudahkan mobil keluar masuk, saat parkir mestinya tidak menggunakan handbrake supaya dapat digeser-geser. Petugas parkir biasanya berusaha mengingatkan, tetapi ada saja satu atau dua pengendara yang lupa.

Pada mobil bertransmisi matik, kemungkinan roda-roda mobil terkunci saat parkir akan lebih besar lagi dibanding yang bertransmisi manual. Bukan saja karena pengendaranya mengaktifkan handbrake, tetapi karena ada kemungkinan mereka belum tahu fungsi tombol SHIFT LOCK. Terutama, pada mobil bertransmisi matik yang sudah dilengkapi tombol SHIFT LOCK.

Di semua transmisi matik memang ada posisi "P", yang berarti "parkir". Ketika tuas berada di posisi ini, otomatis roda-roda terkunci. Pada mobil matik keluaran baru ada tambahan tombol SHIFT LOCK. Jika tidak tahu fungsi tombol ini, kemungkinan besar pengendara akan bingung memarkir mobil tanpa membuat roda-rodanya terkunci. Berbeda dengan transmisi manual atau matik yang belum dilengkapi SHIFT LOCK, jika tuas transmisi ditempatkan ke posisi N (netral), pasti kunci kontaknya tidak bisa dicabut. Untuk parkir secara paralel, gunakanlah tombol SHIFT LOCK ini. Lalu pindahkan tuas dari posisi P ke netral. Maka mobil akan terparkir dengan roda-roda dalam posisi bebas sehingga bisa digeser dan tidak merepotkan pengendara lainnya.

Bagaimana cara menggunakannya? ini langkah-langkahnya:

1.Geser transmisi ke posisi "P",
2.Matikan mesin.
3.Cabut kunci kontak.
4.Pencet dan tahan tombol SHIFT LOCK yang ada dekat tuas transmisi, sambil memindahkan tuas ke posisi NETRAL. Setelah di posisi netral, baru lepas tombolnya.
5.Jangan lupa, hand brake tidak perlu ditarik.


BAGAIMANA BERLATIH PARKIR PARALEL
 
 Pertama, berhenti di sisi ruang kosong di antara 2 mobil. Tujuannya untuk cek apakah panjang mobil kita muat di ruang itu. Lebih baik kalau ada jarak lebih supaya mudah untuk keluar dari posisi parkir, baik untuk kita maupun mobil yg parkir di depan dan belakang kita. Kalau jaraknya terlalu mepet, lebih baik cari tempat parkir yang lain.

Kedua, maju dan berhenti tempat di samping mobil parkir yang nantinya bakal ada di depan kita. Jarak ke sisi mobil tersebut antara 50 cm s/d 1 m untuk amannya. Pastikan lewat spion bahwa bemper belakang mobil kita sejajar dengan bemper belakang mobil di samping.
Ketiga, mulai mundur perlahan sambil memutar setir ke arah mobil di samping kita. Artinya kalau mobil tersebut ada di kanan, putar setir ke kanan / arah jarum jam. Begitu juga sebaliknya. Untuk hasil maksimal, putar setir sampai mentok sambil tetap jaga jarak lewat spion samping.

Keempat, ada dua hal yang bisa dijadikan patokan di tahap ini. (1) Posisi mobil Anda sudah 45° terhadap jalur kendaraan, (2) Anda bisa melihat mobil parkir yang nantinya ada di belakang Anda di spion terluar. Sekaranglah saatnya Anda memutar baLik setir kurang lebih 2 putaran penuh agar roda depan kembali lurus. Lanjutkan memundurkan mobil dengan perlahan dan tetap waspada keadaan sekitar.

Kelima, saat ujung bemper depan mobil Anda sejajar dengan ujung bemper belakang mobil di depan, putar setir ke arah berlawanan dari posisi mobil di depan. Untuk hasil maksimal, putar setir sampai mentok. Lanjutkan gerakan mundur perlahan sampai posisi mobil Anda sejajar dengan mobil di depan dan di belakang.

Keenam, kembalikan setir ke posisi tengah sehingga roda depan lurus. Di tahap ini, Anda bisa mengatur jarak depan dan belakang mobil Anda maupun merapikan posisi mobil Anda di barisan.

Selesai. Saya yakin semakin mahir Anda menyetir, step by step ! Tapi jika Anda seperti saya yang belum lancar2 amat nyetirnya, mari kita terus berlatih. Karena practice makes perfect!